Web Analytics

Tips Merawat Seragam dengan Baik dan Tepat

Pakaian jenis seragam merupakan pakaian yang harus Anda pakai sehari-hari, terutama untuk kantor atau instansi khusus yang mewajibkan penggunaan seragam di wilayah kerja. Selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, ia juga bisa menunjang produktivitas kerja di kantor. Agar seragam kantor Anda tetap awet dan dapat digunakan secara berkelanjutan, Anda bisa merawatnya dengan cara berikut ini.

Proses Pencucian yang Benar

Seperti yang diketahui, seragam yang kotor harus dicuci sampai bersih agar tidak bau. Karena itu proses pencucian harus diperhatikan dengan benar, sebab pencucian akan dilakukan secara rutin untuk mengurangi dan menghilangkan kotoran dan noda di seragam.

Ingat semua seragam tidak bisa dicuci dengan cara yang sama, sebab jika tercampur dengan bahan atau jenis kain berbeda, kemungkinan untuk terkena lunturan warna dari pakaian lainnya menjadi lebih besar. Ketika sedang merendam, pisahkan seragam kerja dari pakaian yang berwarna mencolok.

Waktu ideal untuk merendam adalah setengah jam, kemudian kucek menggunakan tangan. Hindari menggunakan mesin cuci jika tidak ingin kualitas kain seragam menurun. Untuk detergen, pilih yang menggunakan bahan soft dengan tambahan cairan pewangi atau pelembut pakaian.

Penjemuran Seragam Kerja

Agar warna tidak mudah pudar, pastikan Anda menjemur pakaian dengan posisi terbalik, dimana kancing pakaian berada di bagian dalam seragam. Dengan begitu pakaian seragam bisa menjadi lebih awet dengan warna yang tetap cerah.

Hindari menjemur di bawah terik matahari langsung, pilihlah tempat yang terbuka namun tetap teduh. Menjemur langsung di bawah sinar matahari akan membuat kualitas kain dan warna juga menurun. Akan lebih baik Anda tidak memeras pakaian ketika dijemur, sebab akan merusak kain.

Proses dan Cara Menyetrika Seragam Kantor

Ketika Anda hendak menyetrika seragam kerja, gunakan pengaturan suhu sesuai dengan jenis kain yang digunakan oleh seragam. Menggunakan suhu yang tepat bisa membuat kain lebih cepat halus namun tidak merusak serat kain itu sendiri.

Sebaiknya Anda menggunakan setrika dengan teknik uap atau steam, sehingga tidak merusak kain seragam. Jangan membuat lipatan yang tidak perlu ketika sedang menyetrika baju, karena akan menimbulkan garis lipatan yang bisa merusak kain.

Cara Menyimpan yang Benar

Walaupun sederhana, namun proses penyimpanan merupakan langkah yang penting. Simpan pakaian di dalam lemari, dan perhatikan suhu yang terdapat di dalamnya. Jika terlalu lembab, buka pintu lemari dan biarkan udara membuat suhunya menjadi lebih kering.

Suhu yang lembab akan membuat jamur lebih cepat tumbuh, dari lemari yang kemudian akan menempel di seragam kerja Anda. Jika lemari yang Anda miliki luas, sebaiknya gantung pakaian alih-alih dilipat, karena bisa membuat tekstur pakaian menjadi lebih halus tanpa adanya garis lipatan.

Sikap dalam Aktivitas Duduk dan Bersandar

Duduk dan bersandar merupakan aktivitas yang sering dilakukan di kantor, entah sedang bekerja atau istirahat. Kedua postur tubuh tersebut ternyata bisa memberikan pengaruh pada kualitas kain yang digunakan oleh seragam. Perhatikan dengan baik posisi Anda duduk, usahakan tidak mengesekkan seragam terlalu sering ke sandaran kursi.

Begitu pula dengan bersandar, pastikan Anda tidak berlebihan dan menyeret pakaian ke tembok atau tempat sandaran lain. Aktivitas tersebut jika dilakukan secara berlebihan akan membuat kain bagian belakang seragam menjadi lebih tipis. Ini tentunya akan berpengaruh pada kelayakan seragam yang Anda miliki.

Apabila Anda mendapatkan seragam dari jasa konveksi, menjaganya merupakan kegiatan yang harus Anda lakukan. Sebab, sebaik apapun jenis kain dan model seragam tetap akan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Seragam dengan harga yang standar akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan seragam yang mahal jika dirawat dengan benar.

Perawatan yang sesuai dengan jenis kain akan membantu Anda mendapatkan pakaian yang lebih awet, dan dapat digunakan dengan rentang waktu yang lebih lama. Dengan begitu, Anda bisa memangkas dan pembelian seragam kantor dalam satu tahun dan memanfaatkanya untuk kebutuhan yang lain.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara merawat seragam kantor sesuai dengan jenis kainnya. Semoga informasi terkait perawatan pakaian tersebut bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Penjelasan Apa Itu Bahan Kain Japan Drill?

Bahan Kain Seragam PDL / Seragam Lapangan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top